Kota Tangsel NEWS

Jokowi: Jangan Anggap Situasi Saat Ini Normal, Cari Terobosan Baru!

Jokowi mengingatkan kondisi ini merupakan situasi yang tidak normal dan tidak mudah. (foto: istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan situasi yang terjadi saat ini, di tengah wabah virus corona baru (Covid-19), merupakan situasi yang tidak normal dan tidak mudah. Terlebih situasi ini diperparah dengan kondisi perang dagang yang sebelumnya terjadi.

“Perang dagang belum selesai, sekarang muncul virus corona, Covid-19 yang itu menambah sulitnya ekonomi dunia, sulitnya politik global yang menjadikan tidak menentu,” ujar Jokowi dalam pembukaan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2020, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (4/3).

Di saat seperti ini, dampak juga akan dirasakan di Indonesia, baik dari penurunan aktivitas ekonomi, mulai dari perdagangan dan investasi. Kendati begitu, di tengah tekanan yang sangat berat seperti itu, Jokowi ingin semuanya tetap fokus bekerja, menyelesaikan berbagai persoalan yang ada.

“Tetap fokus bekerja, menjaga optimisme, memanfaatkan peluang, dan mencari jalan keluar dari setiap titik-titik yang menjadikan kesulitan-kesulitan kita,” katanya.

Kendati begitu, Jokowi memperingatkan, di tengah situasi seperti ini, tidak bisa bekerja dalam rutinitas. Semua harus mencari terobosan-terobosan yang sederhana guna kelancaran aktibitas ekonomi baik secara makro maupun mikro.

“Karena kita tahu kerusakan disrupsi ini sudah mengenai titik-titik semua. Titik supply kena, demand kena, produksi kena. Kena semua,” paparnya.

“Jadi hati-hati. Jangan anggap ini hal biasa,” imbau Jokowi. (rmol)