Kota Tangsel NEWS

Tak Cuma Sekali, Tapi Berkali-kali Jokowi Jengkel ke Menteri!

Foto: Presiden RI Jokowi bertemu tony blair sama masayoso di Istana Negara (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Di depan jajaran menteri maupun pengusaha, Jokowi mengungkap alasannya kerap kali terlihat melontarkan kekesalannya terhadap kinerja para menteri. Kepala negara mengaku tak kuasa menahan amarahnya.

“Yang sering saya marah pada menteri maupun dirjen, gara-gara hal seperti ini,” tegas Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengaku cukup kecewa karena mendengar kabar ada sejumlah industri yang mengeluh karena kekurangan bahan baku. Mulai dari komoditas gula, garam, hingga gula.

Jokowi lantas mengkritik kinerja jajarannya yang selalu bekerja dengan rutinitas yang sama. Padahal, ditegaskan dia, situasi perekonomian global saat ini tidak bisa dikatakan sebagai kondisi normal.

“Ini persoalan mudah tetapi menjadi sulit karena kita rutinitas. Tidak merespon, tidak memiliki feeling bahwa sekarang ini keadaan sulit. Sudah supply sulit, masuk di sini malah dipersulit,” kata Jokowi.

“Yang saya lihat pertumbuhan makanan dan minuman itu naik. Mestinya kapasitas ini naik dong. Kapasitas supply bahan bakunya. Itungannya setiap tahun kita punya kok. Berapa sih kebutuhan garam industri? Berapa sih kebutuhan gula industri? Ada semuanya,” tegasnya.

Jokowi meminta jajarannya untuk lebih peka terhadap situasi perekonomian dunia yang diterpa kekhawatiran virus corona (Covid-19). Terlebih, China yang menjadi mitra dagang utama Indonesia saat ini tengah terpukul.

“Jangan sampai dalam situasi demand yang terdisrupsi, situasi supply yang terdisrupsi, produksi yang terdisrupsi, kita malah enggak merespon itu, masih menganggap biasa-biasa saja,” tegasnya.

Jokowi Jengkel Masalah CAD Tak Pernah Rampung