Kota Tangsel NEWS

Biem Benjamin: Kepala Daerah Harus Punya Strategi Tepat Atasi Virus Corona

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis 12 Maret 2020. Kegiatan penyemprotan disinfektan itu untuk mencegah penularan COVID-19. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Tokoh masyarakat Tangerang Selatan Biem Benjamin, mengingatkan kepada Kepala Daerah agar memiliki strategi tepat untuk atasi virus Covid 19 ini.

Pasalnya,  Biem menilai banyak daerah-daerah yang masih belum responsif dalam menghadapi virus Corona, .

“Masyarakat perlu diedukasi tentang ancaman virus ini, sehingga informasi tidak simpang siur,” kata Biem, Ciputat Minggu (15/03/2020)..

“Misalnya, apa yang harus dilakukan bila salah satu anggota keluarga terkena penularan, sehingga tidak menimbulkan ketakutan dan kepanikan,” lanjut Biem.

Menurut Biem, kepala daerah bisa langsung perintahkan Dinas Kesehatan untuk pro aktif dan segera lakukan tracking (pelacakan).

“Jika sudah ada data akurat pasti masyarakat akan menghindari daerah-daerah yang sudah terpapar,” lanjut Biem.

“Dengan demikian penyebaran virus bisa dilokalisir agar tidak menyebar ke cakupan yang lebih luas,” tegas Biem.

Menurut Biem, langkah pemerintah provinsi DKI menutup sejumlah tempat rekreasi dan meliburkan sekolah, ini sebuah langkah awal yang baik.

“Minimal ada langkah awal pencegahan agar penyebaran virus tidak terjadi dalam skala besar dan luas,” imbuh Biem.

Biem juga mengatakan, Kepala Daerah juga bisa mengambil kebijakan untuk merahasiakan identitas pasien, sehingga keluarga pasien dapat menjalani kegiatan sehari-hari dengan tenang.

“Menekan angka penyebaran jumlah pasien yang saat ini harus difokuskan, karena kita tentunya tidak menginginkan jumlah korban dalam skala luas seperti di negara-negara lain,” papar Biem.

Biem mengingatkan, jika kepala daerah tidak memiliki strategi tepat dan banyak jatuh korban, maka akan berakibat pada biaya penanggulangan akan jauh lebih besar dan berkali-kali lipat.

“Kegiatan rutinitas warga akant terganggu dan produktifitas nasional juga akan berpengaruh,” ujar Biem yang pernah mengenyam pendidikan di Amerika Serikat ini.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati,” pungkas Biem. []muil.