Kota Tangsel NEWS

DKI Jakarta Perpanjang PSBB Sampai 4 Juni 2020

Anies
Pemerintah DKI Jakarta Perpanjang PSBB

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB di Ibu Kota. PSBB di Jakarta diperpanjang selama 14 hari sampai 4 Juni 2020. Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Selasa (19/5/2020), dalam teleconference dari Youtube Channel.

“Pemprov DKI, Gugus Tugas DKI, menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa Jakarta akan menambah PSBB selama 14 hari mulai 22 Mei sampai 4 Juni,” ujar Anies.

Dengan adanya perpanjangan ini, artinya DKI Jakarta memasuki fase ketiga PSBB.

Sejak Pemprov DKI memutuskan untuk menutup sekolah, tempat hiburan, fasilitas umum, hingga menganjurkan kerja dari rumah pada pertengahan Maret 2020, jumlah warga yang tetap berada di rumah meningkat signifikan.

“”Alhamdulillah berkat kita semua terutama 60% memilih di rumah saja ini bisa tercapai,” ujar Anies .

“Angka ini melonjak signifikan dari sekitar 40-an menjadi 60 persen,” imbuhnya.

Bahkan di pulau Jawa, DKI Jakarta menjadi menjadi provinsi dengan jumlah persentase tertinggi untuk warga yang tetap di rumah. Grafik menunjukkan, tingginya persentase warga yang tetap berada di rumah berdampak pada menurunnya tren penambahan kasus harian Covid-19 di Jakarta.

“Namun jika masyarakat di luar makin banyak, maka kita prediksi dalam 2 minggu kasus Covid-10 akan meningkat lagi,” kata Anies.

Jumlah Kasus Menurun

Gugus Tugas Covid 19 telah menyusun sebuah rumusan seberapa besar tingkat penularan menggunakan reproduction number.