Kota Tangsel NEWS

Persiapan New Normal, Jokowi Kunjungi Mall di Bekasi

Jokowi
Presiden Joko Widodo kunjungi Mall Summarecon tinjau kesiapan New Normal (Istimewa)

Presiden Jokowi kembali meninjau kesiapan penerapan New Normal. Kali ini, Jokowi memeriksa bebeberapa gerai yang ada di Mal Summarecon Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5).

Sekitar puluk 14.00 WIB, Jokowi baru tiba di Mall  Summarecon Bekasi, tampak beberapa pejabat negara hadir menemani. Diantaranya Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kapolri Idham Azis hingga Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Jokowi dan para pejabat tersebut terlihat menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan tidak saling bersentuhan.

“Siang hari ini, saya datang ke Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Untuk memastikan pelaksanaan kesiapan kita dalam menuju ke sebuah tatanan baru, ke sebuah normal yang baru,” ujar Jokowi saat memberikan keterangan usai meninjau di lokasi.

Dia kemudian memasuki area mal seperti Food Hall, supermarket yang menjual kebutuhan sehari-hari. Mal tampak sepi dan hanya beberapa gerai kebutuhan sehari-hari dan restoran yang terlihat buka.

Sebelumnya, Jokowi juga sudah meninjau kesiapan penerapan New Normal di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia Jakarta Pusat. Pada kesempatan itu, dia menegaskan bahwa TNI dan Polri akan mulai dikerahkan untuk mengawasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam new normal.

Kunjungan ini tidak lantas membuka operasional mall setelah tutup selama pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

President Director PT Summarecon Agung Tbk, Adrianto P. Adhi, menjelaskan kedatangan Jokowi ke SMB hanya memeriksa kesiapan mal. Rencananya mall sendiri akan mulai beroperasi secara bertahap pada Senin, 8 Juni mendatang.

Adrianto membantah kabar yang berkembang kalau SMB bakal buka hari ini. Ia menegaskan segala protokol masih dimatangkan. Sehingga pembukaan mal itu tidak malah membuat serangan virus corona semakin menggila.

“Summarecon Mall Bekasi (SMB) pada hari ini, Selasa 26 Mei 2020 tidak ada pembukaan kembali.  Saat ini kami masih mempersiapkan prosedur dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan protokol new normal,” ujar Adrianto.

Editor: Albayan