Kota Tangsel NEWS

New Normal Versi Rakyat, Ustadz Haikal Hassan Ajak Masyarakat Belanja Di Warung Sebelah

Haikal
Ustaz Haikal Hassan (foto: Actnews)

Ustadz Haikal Hassan ajak masyarakat belanja di warung sebelah, menanggapi soal wacana tatanan baru atau new normal. Terlebih Presiden Joko Widodo menyambangi mall di Bekasi, sehingga memberi kesan ada pesan iklan terselubung di mata masyarakat.

Alih-alih Presiden ingin memberi rasa tenang masyarakat, namun malah membuat khawatir berbagai kalangan atas wacana new normal ini.

Melansir dari unggahan cuitan Ustaz Haikal Hassan Baras. Pria yang akrab disapa Babe Haikal itu mengajak masyarakat tidak berbelanja di pusat perbelanjaan modern, tetapi berbelanja di warung tetangga ataupun rumah makan dekat rumah.

Hal tersebut disampaikan Ustaz Haikal Hassan lewat akun twitternya @haikal_hassan; pada Rabu (27/5/2020).

Dalam postingannya, Ustaz Haikal Hassan menjabarkan alasan mengapa masyarakat harus berbelanja di warung sebelah rumah ketimbang belanja di mall.

Berikut saya sajikan kultwit singkat menanggapi keadaan terakhir serta solusi utk kita jalani agar roda ekonomi yg mulai kelihatan berpihak pada rakyat kecil tetap berjalan,” ungkap Ustaz Haikal.

Dan kita bisa jalani ‘new normal’ sesuai versi kerakyatan, keadilan, kemakmuran akar rumput,” tambahnya

Dalam postingannya, Ustaz Haikal Hassan menjabarkan alasan mengapa masyarakat harus berbelanja di warung sebelah rumah ketimbang belanja di mall.

Berikut saya sajikan kultwit singkat menanggapi keadaan terakhir serta solusi utk kita jalani agar roda ekonomi yg mulai kelihatan berpihak pada rakyat kecil tetap berjalan,” ungkap Ustaz Haikal Hassan.

Dan kita bisa jalani ‘new normal’ sesuai versi kerakyatan, keadilan, kemakmuran akar rumput,” tambahnya.

Matinya Kapitalis

Keputusan Jokowi untuk membuka mall di wilayah Jabodetabek disimpulkannya sebagai tanda matinya kapitalis di Indonesia.

Sebab, dalih membuka mall demi perbaikan ekonomi hingga meredanya pandemi covid-19 dianggapnya tidak tepat.

Walaupun malu2 utk opening mall, Walaupun dg dalih agar roda ekonomi berputar, Walaupun ini kode keras matinya kapitalis, Walaupun ini tanda kegiatan sejenis akan ada di tiap kota, Walaupun semua berfikir sudah redanya covid19,” ungkap Ustaz Haikal Hassan.

“Tetaplah jalankan New Normal versi akar rumput,” tegasnya.

Walau begitu, Ustaz Haikal Hassan menegaskan kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi new normal versinya.

Belanja Di Warung Tetangga

New Normal tersebut antara lain belanja di warung tetangga dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Bukan gerai biasa. Ingat: NewNormal,” ungkapnya.

Selanjutnya adalah belanja hanya pada kebutuhan pokok.

Ustaz Haikal Hassan pun menegaskan masyarakat agar tidak konsumtif dan mengabaikan seluruh kebutuhan tambahan seperti baju, tas, sepatu bermerek.

Selain itu, dirinya pun mengingatkan agar masyarakat tidak menghabiskan uang dengan nongkrong di kafe atau restoran.

Makan masakan rumah saja. Ingat NN,” lanjutnya.

Selain itu, dirinya pun menyarankan agar masyarakat menarik seluruh uang di bank dan mengalihkan investasi pada emas.

Kalaupun terpaksa harus menyimpan uang, masyarakat dimintanya untuk menyimpan uang di bank milik pemerintah dan bank syariah.

Fikirkan terus… Siapa yg nikmati perputaran uang anda?. Ingat: ini NewNormal kita!,” tegasnya.

Ustaz Haikal Hassan pun meminta agar masyarakat tidak lagi tergoda dengan kenyamanan yang ditawarkan pusat perbelanjaan modern.

Sebab menurutnya, apabila masyarakat berbelanja di warung sebelah rumah, perputaran uang akan ada di lapisan masyarakat terbawah.

Bukan di cafe, restaurant tapi di warkop, toko pak Haji sebelah dan hanya makan di rumah. Ini NewNormal kita!,” jelasnya.

Teliti dan ketat sebelum membeli. Produk siapa? Milik siapa? Nguntungin siapa? Ada produk lain pengganti? Ada yg punya saudaramu? Ada produk dalam negeri? ,” tambahnya. 

“Bila tidak ada, apa boleh buat. Bila ada, gunakan hanya produk dalam negeri dan milik sendiri. Ini NewNormal kita!,” tegas Ustaz Haikal Hassan.

Langkah tersebut katanya dapat dimulai dengan hal sederhana, mulai dari air minum, makanan hingga belanja rumah tangga.

Mau semurah apapun gerai biasa, mau semurah apapun produk impor, mau potongan apapun saat beli, mau diberi discount brp, mau di-iming2 hadiah apapun… terserah! sebodo!,” tegas Ustaz Haikal Hassan. 

“Itu semua jurus merampok uang anda. ini NewNormal kita!,” tutupnya.