Kota Tangsel NEWS

Pilkada Tangsel, Demokrat Usung Putri Wapres.

Pilkada Tangsel
Pilkada Tangsel semakin seru dengan munculnya putri KH. Maruf Amin. (Ist. kotatangsel.com)

Putri Wakil Presiden KH. Maruf Amin, Siti Nur Azizah diusung partai demokrat untuk maju pada pilkada Tangsel 2020.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Banten memberikan surat tugas kepada tiga bakal calon wali kota dan bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Banten. Sekjen DPD Partai Demokrat Banten Eko Susilo, di Serang, Selasa (2/6) mengatakan hal tersebut.

“Partai Demokrat telah resmi memberikan surat tugas kepada tiga bakal calon kepala daerah, yakni untuk Pilkada Kabupaten Serang diberikan kepada Eki Baihaqi. Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kepada Siti Azizah, dan untuk Kota Cilegon diberikan kepada Iye Rohiman,” kata Eko.

Ia mengatakan bahwa proses tahapan penjaringan bakal calon kepala daerah sudah memasuki tahap akhir. Kemudian untuk ditetapkan sebagai bakal calon yang akan diusung oleh Partai Demokrat.

“Dalam surat tugas tersebut, melaporkan hasil survei terkini dan koalisi parpol yang sudah diperoleh dari DPP Partai Demokrat, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” katanya.

Menurut dia, para bakal calon yang menerima surat tersebut harus melaksanakan dan menyelesaikannya dengan baik. “DPP hanya mengeluarkan surat tugas. Kewajiban bagi bakal calon jika sudah terpenuhi maka selanjutnya akan dikeluarkan surat rekomendasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk Pilkada Kabupaten Pandeglang. DPD Demokrat sudah berkomunikasi dengan DPP untuk segera mengeluarkan nama yang diberi surat tugas tersebut. “Kita sudah melakukan komunikasi dengan DPP Demokrat, untuk selanjutnya kita akan informasikan lagi,” kata Eko.

Apabila para bakal calon seluruh kewajibannya sudah terpenuhi, pihaknya baru akan mengeluarkan surat rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah dan wakilnya.

Bakal Calon Tangsel

Demokrat berkoalisi dengan PKS, PKB dan PAN dalam Pilkada Tangsel. Masih tersisa PDIP, PSI dan Gerindra yang belum menentukan pilihan.

Golkar sendiri mengklaim akan mendukung Pilar dengan Benyamin Davnie sebagai calonnya. Pilar merupakan putra Ratu Tatu Chasanah, ketua DPD Golkar Banten sekaligus Bupati Serang saat ini. Kemudian Benyamin Davnie, merupakan Walikota Tangsel dua periode.

“Masih tersisa tiga partai PDIP, PSI, Gerindra. Kita lihat nanti seperti apa peta politik Yang tercipta, apakah tiga calon, atau dua calon,” ujarnya.

Eko mengaku bahwa popularitas dan elektabilitas Nur Azizah, selaku anak wapres sudah cukup tinggi saat dilakukan survei internal. Dia meyakini tingkat keterkenalan dan keterpilihan Azizah akan terus meningkat, usai deklarasi nanti.

“Karena kemenangan bisa diraih dengan strategi yang tepat,” jelasnya.[]

albayan