Kota Tangsel NEWS

Politisi Nasional Biem Benjamin Memuncaki Jejak Pendapat Pilkada Tangsel

Polling Tangsel
Hasil Polling Pilkada Kota Tangsel (kotatangsel.com)

Kota Tangsel – Politisi nasional Biem Benjamin dalam jejak pendapat yang dibuat portal berita kotatangsel.com memuncaki perolehan suara. Sampai dengan pukul 24.00 WIB, Sabtu (13/06), angka suara yang memilih putra ketiga alm. Benyamin Sueb ini mencapai 45,1% suara. Hasil poll secara terbuka dan real time dapat terlihat pada portal poll.kotatangsel.com

Pemilihan kepala daerah ini adalah ketiga yang dilakukan secara langsung di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih akan dilantik pada 20 April 2021 menggantikan Airin Rachmi Diany yang sudah menjabat Walikota selama dua periode sejak 20 April 2011.

Jejak pendapat dimulai sejak hari Selasa (9/06)Jdengan menampilan sembilan orang tokoh. Penyusunan nama berdasarkan huruf abjad dan menjadi pilihan berdasarkan dari rekam jejak perbincangan di media sosial dan berbagai grup pesan singkat.

Biem Benjamin yang pernah menjadi anggota DPR RI Fraksi Gerindra priode 2014-2019. Sampai saat ini dikabarkan memiliki kans kuat untuk diusung oleh Partai besutan Prabowo Subianto. Di kancah bisnis Biem adalah pemilik jaringan radio swasta Etnikom yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera.

Selain itu Biem juga aktif dalam melestarikan budaya lokal dan khususnya budaya Betawi.  Sampai saat ini masih duduk dalam Badan Musyawarah Betawi.

Peneliti di Litbang Kotatangsel.com Faizi Michael Smith, MM., MH., Sabtu (13/05) mengatakan bahwa partisipan ini tidak berasal dari Kota Tangsel. Ada kemungkinan paritisipan berdomisili berasal dari luar kota Tangerang Selatan. Hal ini mengingat jejak pendapat dilakukan secara online, dan siapa pun pengunjung portal berita kotatangsel.com memiliki kesempatan yang sama untuk memilih.

Kendati demikian Smith mengatakan, tidak menampik kemungkinan juga partisipan memiliki kepedulian dan ikatan emosional terhadap kota Tangsel.

Patuhi Keputusan Partai

Ketua Tim Biem Benjamin Menang (BBM), Ery Yuliansyah, Sabtu, (13/06) mengatakan, hasil peringkat atas jejak pendapat ini merupakan bukti nyata dukungan terhadap Biem.

“Kami sangat menghargai dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi pemilih yang memberikan suara jejak pendapat ini kepada Biem,” ujar Ery.

“Kendati demikian kami akan tetap mematuhi keputusan Pimpinan di Partai Gerindra, Biem Benjamin sebagai kader yang patuh selalu siap menerima tugas yang diberikan oleh pimpinan,” kata Ery.

“Secara real Biem memang memiliki basis massa yang militan, hal ini terbukti dengan lolosnya beliau saat Pilkada untuk Gubernur DKI pada 2012 silam melalui jalur independen,” kilah Ery.

“Berkompetisi melalui jalur independen di DKI Jakarta tidak mudah, karena harus melalui seleksi yang ketat dan telah mengantongi dukungan nyata dari warga,” pungkas Ery.

Hasil sementara perolehan jejak pendapat yang dibuat Litbang Kotatangsel, pada posisi kedua adalah Ruhamaben, kader dari PKS dengan posisi 41,2%. Lalu berikutnya adalah Siti Nur Azizah kader dari demokrat sebanyak 3,2% suara yang terpaut sedikit dengan Benyamin Davnie 2,7% suara.  Lalu pada peringkat empat adalah Muhammad 2,5% yang disusul kemudian oleh Aldrin Ramadian 2,3% suara.

Dua tokoh muda yang ikut berlaga di Pilkada Tangsel adalah Pilar Saga Ichsan memperoleh 1,6% suara, dan di bawahnya Fahd Pahdepie sebanyak 0,7%. Sedangkan posisi terakhir adalah Arsid memperoleh 0,3% suara.

Editor: Albayan