Kota Tangsel NEWS

Biem Triani Benjamin (lahir di Jakarta, 13 Maret 1964; lebih akrab dengan nama Biem Benjamin. Beliau adalah politisi dan pengusaha Indonesia,  menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Jakarta, yang dikenal karena mengusulkan judicial review yang memungkinkan calon independen untuk mencalonkan diri dalam pemilu daerah. Dia juga mengetuai panitia khusus di DPR untuk merevisi UU Pemerintahan DKI Jakarta. Biem Benyamin adalah putra ketiga dari almarhum Benyamin Sueb, salah seorang tokoh seniman Betawi yang terkenal di Indonesia.

Biem Triani Benjamin; Profil – Karier – Kiprah

BIem Benjamin
Biem Triani Benjamin, profil, karier dan pandangan politik. Tokoh yang memperjuangkan etnik nusantara. (kotatangsel.com)

Sebelum memulai kariernya dalam politik, Biem Benyamin aktif dalam advokasi pengembangan budaya Betawi, termasuk memprakarsai terbentuknya Kongres Rakyat Betawi. Sebagai pengusaha, Biem Benyamin memiliki stasiun radio, Bens Radio, yang populer dalam mempromosikan budaya dan tradisi Betawi. Dia juga mendirikan Etnikom Network, jaringan 14 stasiun radio di Jawa dan Sumatra yang aktif mempromosikan budaya lokal.[1]

Pada 2012, ia mengikuti pemilihan umum gubernur Jakarta sebagai calon wakil gubernur bersama calon gubernur Faisal Basri. Saat ini ia menjadi anggota DPR RI periode 2014 – 2019 dari Partai Gerindra.

Sumber: Wikipedia

Kinerja Biem Benjamin Di DPR RI (2014-2019)

Pandangan Fraksi-Fraksi Atas RUU PSDN-PN dan Penunjukan Ketua Panja

Biem mengatakan Fraksi Partai Gerindra pada dasarnya setuju untuk menindaklanjuti pembahasan untuk RUU PSDN dan untuk materi kita akan segera serahkan kepada Pemerintah dan sekretariat Komisi 1.

 

RUU Kerja Sama Pertahanan RI-Kerajaan Spanyol dan RI-Republik Serbia – Rapat Kerja dengan Menteri Pertahanan RI

Biem mengatakan, setelah melihat poin-poin dalam RUU Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Spanyol dan Indonesia-Serbia, maka fraksi Gerindra menyetujui RUU ini menjadi UU

 

Tanggapan

Fit and Proper Test – Komisi 1 DPR-RI Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Calon Anggota KPI Pusat atas nama Mochammad Dawud, Mohammad Reza, Mohammad Zamroni, Mohammad Khoirul Anwar dan Mulyo Hadi Purnomo

Biem Benjamin mengatakan saat ini masyarakat kurang kebersamaan dalam mendengarkan radio dan menonton tv karena media tersebut hanya dikuasai oleh segelintir orang.

 

Monitoring Kepatuhan Badan Publik – Rapat Dengar Pendapat Komisi 1 dengan Komisi Informasi Pusat (KIP)

Biem berharap agar KIP bisa lebih terbuka dari lembaga-lembaga lain terkait sebagai pemiliki informasi.

Biem mempertanyakan ada KL daerah itu anggarannya berasal dari mana apakah, karena keadaan setiap daerah tidak sama ada daerah yang bisa mengakomodir da nada yang tidak.

Biem ingin mengetahui agenda keterbukaan informasi nasional dan yang dunia. Biem mendukung program pelaksanaan workshop KIP di daerah-daerah, akan lebih baik lagi jika dilakukan di tempat dapil kami karena memang perlu adanya workshop agar konstituen paham apa yang kita lakukan.

Sikap Politik Biem Benjamin

RUU Pengesahan Perjanjian Garis Batas Laut RI-Singapura – Pembahasan Tingkat 1

30 November 2016 – Dalam Rapat kerja (Raker) Komisi 1 dengan Menteri Perhubungan, Kementerian Hukum & HAM, dan Menteri Luar Negeri, Biem menjelaskan bahwa Indonesia perlu menetapkan garis batas negara untuk menentukan pengamanan Indonesia. Perjanjian RI-Singapura bertujuan menciptakan dan kepastian hukum batas negara kedua negara. Adapun catatan Fraksi Gerindra antara lain: Pertama, RUU tersebut merupakan amanah pasal 25 UUD 45. Kedua, perjanjian ini memiliki arti penting untuk kemajuan Indonesia. Ketiga, nilai ekonomi selat Singapura sangat tinggi. Empat, kejelasan batas laut membuat aparat dapat menyelesaikan masalah. Lima, perjanjian ini memberikan dampak positif dalam hubungan bilateral. Enam, perjanjian ini merupakan kontribusi Indonesia melindungi negara. Fraksi Gerindra setuju untuk membahas RUU Pengesahan Perjanjian RI-Singapura ke tingkat lanjut. [sumber]

 

Tanggapan

Evaluasi Kinerja TVRI

24 Januari 2018 – Pada rapat dengan Direksi LPP TVRI. Biem berpendapat terkait apa yang disampaikan oleh rekan-rekan sudah banyak dan mencerminkan apa yang kita inginkan. Ke depan Biem mengharapkan apa yang menjadi 5 program yang tadi disampaikan tercapai dengan baik.

Jika kita bedah satu persatu, soal program kita setuju, kalo tugas LPP TVRI dengan TV swasta memang berbeda.

Biem mengharapkan ke depan ada perubahan yang signifikan dari TVRI. Mengenai Asian Games, Biem menginginkan itu juga jangan sampai TVRI malah membonceng, seharusnya menjadi yang terdepan. Banyak pihak yang berharap ke TVRI.

Biem berpendapat, soal Sumber Daya Manusia (SDM) memang berat, sebenarnya kalo dilihat sekarang banyak Direktur Utama yang muda-muda.

Biem mengharapkan, semoga yang di belakang-belakangnya juga sama energik seperti ini. Biem berpendapat, di dunia kreatif memang harus banyak SDM-nya juga, memang struktural tidak perlu banyak yang penting kreatifnya.[sumber]

 

Perjanjian Ekstradisi RI-RRC

25 September 2017 – Dalam RDP Komisi 1 dengan Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kemlu RI, Dirjen Asia Pasifik Kemlu RI, Dirjen A.H.U Kemkumham RI, Kejagung RI dan Kadiv Hukum Polri, Biem berpendapat dengan adanya ekstradisi materi-materi di DIM-nya juga harus menjaga kedaulatan kita sehingga kedaulatan kita tetap terjaga. [sumber]

 

Keamanan SIber, BSSN, PNBP sektor TIK, dan Hoax di Media Sosial

28 Agustus 2017 – Biem menanyakan apakah Kominfo memiliki sistem proteksi yang bisa digunakan agar mereka (Saracen-red) tidak masuk ke sistem kita. Biem mendukung Palapa Ring agar segera bisa diselesaikan. Ia meyakini siapa yang menguasai teknologi, maka dia yang menguasai dunia. [sumber]

 

Pengalihan Aset Negara ke PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dan Penyertaan Modal Negara untuk PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia (Persero).

22 Oktober 2015 – Biem mendukung program pembangunan yang nasional. Biem usul kepada Menteri Keuangan (Menkeu) agar pusat pemerintahan dipindahkan. Mungkin ke Nusa Tenggara Barat ataupun Nusa Tenggara Timur.  [sumber]

 

TVRI-RRI

Pada 3 Februari 2015 Biem fokus kepada RRI dan meminta breakdown dari programming siaran yang akan dilakukan.  Biem mendengar bahwa siaran RRI di Batam menggangu penerbangan di Singapura sehingga diberhentikan.  Biem ingin klarifikasi kebenaran dari berita tersebut. (sumber)

sumber:wikidpr